Resep Abon Ayam Enak, Lezat dan Praktis
Gambar: istockphoto.com

Resep Abon Ayam: Enak dan Praktis, Cocok Dijadikan Stok Lauk

Resep abon ayam

Resep abon ayam
Gambar: istockphoto.com

Hallo sobat aloberita, kali ini aloberita akan berbagi resep abon ayam yang rasanya enak serta lezat banget, berikut merupakan bahan-bahanya untuk di gunanakan serta cara untuk membuatnya.

Bahan:

  • 1 kg dada ayam
  • 10 siung bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 3 buah cabe merah
  • 1 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 1 lengkuas
  • 1 sendok makan ketumbar
  • 1 sendok teh jintan
  • 6 butir kemiri
  • 3 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam (untuk rebus ayam 2)
  • 3 batang sereh (untuk rebus ayam 1)
  • 1 santan kara
  • 400 ml air
  • 50 gram gula merah
  • garam penyedap

Cara membuatnya: 

Pertama-tama di sini rebus dulu ayamnya, aku masukin ayamnya kedalam rebusan air yang telah mendidih ya, kemudian tambahin 1 btg serai serta 2 lembar daun salam yang ukuran kecil, kemudian tambahkan sedikit garam, kemudian diaduk-aduk hingga merata.

👉TRENDING:   Resep Ikan Masak Tauco & Ikan Goreng Kemiri Sambal Dabu-dabu

Jika ayamnya udah matang, langsung aja kita angkat dan tiriskan, kemudian siapkan bumbunya yang tadi. yaitu bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas, sereh, sama cabe merah, itu udah aku potong kecil-kecil ya jadi tinggal masukin ketumbar aja, terus tambahin juga jintan, tambahin air, karena ini lumayan banyak jadi aku pakai air aja, kemudian langsung kita blender sampai halus.

Langkah berikutnya ayamnya kita ambil bagian dagingnya aja, kemudian kita pukul-pukul menggunakan ulekan, kenapa di sini aku ayamnya di pukul-pukul enggak di suwir-suwir aja? karena nanti teksturnya lebih bagus dibanding di suwir-suwir, jika sudah selesai langsung aja kita lanjut ke step berikutnya, selanjutnya kita goreng, karena nanti prosesnya ada 2 yaitu kita rebus airnya pakai bumbu, kemudian digoreng.

Langsung aja kita mau tumis bumbu tadi yang sudah kita blender semuanya, ditumis lalu  masukin daun jeruk sekitar 3 lembar, kemudian daun salamnya 2 lembar, tambahin juga garam sekitar 2 sdt dan juga penyedap rasa, setelah itu masukin juga gula merah, lada bubuk, kita tumis sampai matang, jika udah mateng langsung aja masukin ayamnya, kemudian bumbunya campur sama ayam sampai rata dan meresap.

👉TRENDING:   Cara membuat Kue Lapis Legit Kukus, Empuk Dan Enak Banget

Kemudian tambahkan air 400 ml, lalu tambahkan santan, langsung aja kita aduk-aduk, kita masak sampai airnya susut, jangan lupa untuk selalu dikoreksi rasanya, apabila kurang garam, gula, penyedap, bisa ditambahkan, diaduk terus sampai asap ayamnya.

Jika sudah mulai kering dan menyusut airnya, jika untuk diet ini boleh tidak digoreng, tinggal keringin aja sampai kering banget kayak serundeng, tapi karena mau bikin abon ayam seperti yang dijual jadi kita goreng,

Jika sudah kering, kita angkat kemudian kita goreng di minyak panas dan apinya sedang, terus diaduk-aduk agar matangnya itu merata, kemudian kalau udah kekuningan langsung aja kita angkat, nanti kalo udah kita tiriskan akan lebih matang lagi.

👉TRENDING:   Resep Ikan Acar Bumbu Kuning & Resep Gulai Ikan: Masakan Enak

Abonnya setelah digoreng langsung kita press menggunakan alat, kalau tidak punya alatnya boleh di saring pakai kain bersih kemudian diperas minyaknya, kemudian kita press agar minyak-minyaknya itu keluar semua, banyak banget minyaknya yang keluar dan lumayan banyak jadi wajib dipress ya kalau bikin abon ini.

Jika sudah diperes semua abonya, lalu di suwir-suwir lagi, kemudian di peres lagi, proses perasnya dilakukan dua kali biar kering dan hilang semua minyaknya, Nah proses terakhir udash selesai, Nah ini dia abon ayamnya yang tadi sudah kita buat udah jadi, ini rasanya enak banget, gurih, lezat, pokoknya bisa buat stok makan di rumah kalau misalnya kita enggak masak.