makanan dan minuman yang bisa untuk mengatasi innsomnia-3
Gambar: istockphoto.com

8 Makanan Dan Minuman Untuk Mengatasi Susah Tidur (Insomnia)

Makanan Dan Minuman Untuk Mengatasi Insomnia
Gambar: istockphoto.com

Bagi yang memiliki masalah tidur ataupun gangguan tidur seperti insomnia maungkin sangat mengganggu sekali. Zaman sekarang, saat ini banyak sekali orang-orang yang insomnia, baik kaum muda maupun orang dewasa ataupun orang yang sudah usia lanjut. Selain tidak baik untuk kesehatan, insomnia ini kalau seandainya di biarkan ini juga sangat mengganggu untuk aktivitas keesokan harinya, kurang tenaga kurang fokus, Banyak sekali minusnya kalau insomnia.

Makanan dan minuman untuk mengatasi insomnia

Makanan dan minuman untuk mengatasi insomnia2
Gambar: istockphoto.com

Nah ada makanan dan minuman yang bisa membantu untuk meringankan ataupun mengatasi gejala insomnia. Makanan dan minuman ini tidak secara langsung tiba-tiba di minum ataupun makanan ini langsung baik, Enggak seperti itu, butuh proses juga, butuh juga sebab lain harus di perbaiki. Nah jadi bisa di coba di rumah.

1. Kacang almond

Kacang almond
Gambar: istockphoto.com

Jadi kacang almond ini sebagai sumber dari hormon melatonin kemudian juga terdapat magnesium, magnesium ini sangat membantu sekali untuk meredakan hormon kortisol, jadi hormon stres kalau seandainya stres kan susah tidur, insomnia pasti akan menetap. Jadi kalau stres bisa ditekan jadi tidur akan jauh lebih baik.

👉TRENDING:   5 Penyebab Yang Menyebabkan Telinga Jadi Gatal

2. Daging ayam

Daging ayam
Gambar: istockphoto.com

Ketika mengkonsumsi daging ayam, sangat bagus sekali karena mengandung triptofan ini membantu produksi dari serotonin melatonin dan B6, kalau serotonin itu membantu rileks, tenang kemudian kalau seandainya B6 ini membantu dari melatonin, kemudian hormon dari siklus tidur. Kalau seandainya hotmon ini baik otomatis tidurnya juga akan baik.

3. Susu hangat

Susu hangat
Gambar: istockphoto.com

Dibandingkan sebelum tidur ngopi, ngeteh, yang mengandung kafein, tentu ini akan sangat disayangkan sudah susah tidur,minum-minuman yang berkafein maka akan begadang, jadi jangan minum kopi ataupun teh sekali. Kecuali yang rendah kafein itu masih boleh, kemudian susu ini juga mengandung triptofan yang sama seperti yang dijelaskan di atas tadi manfaatnya. Jadi daripadaminum kopi ataupun teh coba untuk minum susu hangat yang rendah kalori dan rendah lemak yang.

4. Ikan

Makan ikan
Gambar: istockphoto.com

Jadi memang ikan ini kaya sekali akan protein, ikan mengandung vitamin B6 yang membantu pembentukan melatonin yaitu hormon untuk siklus tidur, hormon tersebut akan dibentuk ketika menjelang tidur, jadi makan beberapa jam sebelum waktu tidur, ini akan lebih baik dari pada makan ikan di pagi ataupun siang, coba mengkonsumsi di menu yang terakhir, di menu malam hari.

👉TRENDING:   Olahan Kelapa Dan Antioksidan Alami

5. Madu

Madu32
Gambar: istockphoto.com

Madu ini dari dulu sudah terkenal khasiatnya banyak sekali, Nah kemudian madu ini juga membantu menurunkan senyawa kimia, diotak jadi bagus sekali. Kemudian kita mengkonsumsi madu akan memproduksi hormon insulin ini akan menetralkan gula darah, kemudian bisa membantu untuk keluarnya triptofan, jadi triptofan ini di otak memberikan efek rasa kantuk, ini bisa di coba.

6. Buah-buahan

Buah-buahan
Gambar: istockphoto.com

Nah jadi memang juga disarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan, Nah buah-buahan seperti apa yang harus kita konsumsi buah-buahan yang mengandung melatonin tinggi, buah-buahannya apa saja?  Buah-buahannya itu seperti kiwi, nanas, jeruk, ini bisa dikonsumsi beberapa jam menjelang tidur, kemudian bagaimana cara makannya? Bisa dibuat jus ataupun dimakan secara langsung boleh-boleh saja.

7. Teh chamomile

Teh chamomile23
Gambar: istockphoto.com

Jadi teh ini teh herbal, dia bisa membantu untuk tidur makin nyenyak sebab dia mengandung antioksidan kemudian juga dia bisa memberikan efek kantuk, sehingga membuat tidur makin lelap.

8. Nasi dan oatmeal

Nasi dan oatmeal
Gambar: istockphoto.com

Nasi dan oatmeal termasuk karbohidrat, kalau mengkonsumsi zat ini akan memberikan rasa kantuk, tetapi jangan juga terlalu berlebihan mengkonsumsi banyak, satu mangkok penuh pada malam hari kemudian langsung kekenyangan, itu enggak juga, nanti malah obesitas timbul penyakit-penyakit yang lain. Jadi konsumsilah dengan jumlah yang sesuai porsinya, maksudnya ya sewajarnya saja jangan juga berlebihan.

👉TRENDING:   Bahan Alami Untuk Mengobati Asam Lambung Yang Bisa Ditemui Di Dapur

Nah itu tadi 8 makanan atau pun juga minuman yang bisa di konsumsi untuk meredakan gejala susah tidur. Nah jadi penjelasan di atas tadi tadi rata-rata mempengaruhi hormon melatonin, jadi dia mempengaruhi siklus tidur.

Selain mengkonsumsi makanan minuman tadi juga harus teratur jam tidur. Jam bangunnya harus sama setiap hari, untuk melatih kebiasaan tidur, karena kalau insomnia kualitas tidur pasti terganggu, kesehatan juga pasti terganggu, dan biasakan jangan lakukan aktivitas di malam hari, misalkan bermain gadget, nonton TV, ataupun sebagainya, ini juga masih bisa menimbulkan insomnia nantinya malah tambah lama, tambah jelek .

Kemudian jika sudah mencoba hal-hal di atas tapi masih juga belum kelihatan hasilnya ataupun belum kelihata manfaatnya. Tidak ada salahnya untuk mengunjungi dokter untuk mendapatkan bantuan ataupun penanganan yang lebih baik.