Bukan Hanya Toyota, Daihatsu, Mintsubishi, Ini Dia 5 Merk Mobil Yang Jarang Orang Tau

Banyak Yang Belum Tau: Ini Dia 5 Merk Mobil Yang Jarang Orang Tau

Merk-merk mobil yang mungkin banyak orang yang gak pernah tahu, karena saking banyaknya macam-macam merek dan brand mobil, Berikut adalah merk mobil yang mungkin banyak orang yang belum tahu:

Merk mobil yang jarang orang tahu

1. Panoz

Panoz
Gambar: panoz.com

Pertama brand asal Amerika Panoz, Panoz merupakan sebuah brand mobil Luxury sport yang sangat aktif di dunia balap, Panoz didirikan oleh Don panoz, panoz sudah ikut balapan dari tahun 1997 ,pernah menang balapan di tahun 2006 dengan mobil panoz esperante, terus yang terakhir juara juga diperoleh GTS class dengan mobil panoz avezzano.

Namun Selain aktif di dunia balap panoz juga menjual mobil mobil sportnya loh,  pertama ada panos esperante yang punya banyak banget varian ada proses perante esperante GT, esperante Spyder GT, esperante GTLM, karena dijual hanya di USA jadi banyak yang enggak tahu deh.

2. RUF

RUF
Gambar: autonetmagz.net

Selanjutnya ada ruf, Pasti kalian ngiranya ini porsche kan? tapi gak salah juga sih, karena memang semua mobil ruf itu berbasiskan mobil Porsche, jadi kelihatannya agak mirip-mirip, pertama kali ditemukan pada tahun 1939 oleh alois rosenia, ruf membangun mobil diatas sasis Porsche, jadi bukan Porsche yang dimodif, soalnya setiap mobil ruf itu punya ciri sendiri dan pemerintah Jerman menyatakan bahwa mobil-mobil produksi ruf adalah produksi manufaktur.

👉TRENDING:   Ketahui 5 Motor Bebek 150cc Bekas Terbaik, Yang Harganya Terjangkau

Walaupun tidak membangun mobil di atas sasisnya sendiri, tapi ruf bukanlah pabrikan ecek-ecek, karena pada tahun 1987 Ruf CTR  Yellowbird membuat rekor dengan topspeed 339Km/Jam.

karena pada saat itu ini merupakan mobil produksi massal tercepat di dunia dan bahkan setahun kemudian, mobil yang sama memecahkan rekor tersebut tahun depannya dengan 342Km/Jam, Kemudian suksesor dari mobil yaitu Ruf CTR2  mencatatkan rekor yang lebih mencengangkan dengan topspeed 350Km/Jam, rekor itu beberapa tahun bertahan di pertengahan tahun 90-an sampai akhirnya dipecahkan oleh McLaren F1 di tahun 1998 dengan top speed 386Km/Jam.

3. Great Wall Motor

Great Wall Motor
Gambar: gwm.co.th

Selanjutnya ada merek besar asal Negeri tirai bambu Great Wall Motors, jadi bukan cuma Wuling dan DFSK aja ya guys mobil asal Tiongkok, great wall Motors ini merupakan brand mobil terbesar asal Tiongkok, dengan valuasi perusahaan sebesar 111 miliar Yuan, Great Wall ini sih menyebut diri mereka sebagai spesialisasi SUV dan pickup, bahkan berani menyebut dirinya sebagai brand SUV terbaik ketiga setelah Jeep dan Range Rover.

👉TRENDING:   5 Rekomendasi Mobil Termurah Di Tiap Kelas: Dari LCGC Hingga SUV

Ternyata GWM ini tidak hanya jualan di China, tapi juga di Rusia, Afrika Selatan, Timur Tengah, Amerika Latin dan juga Asia, nah GWM ini sepertinya ingin membangun dinasti mobil seperti channel motor di Amerika, karena mereka juga memiliki sub-brand yang cukup banyak, yang terbaru ada sub brand GWM yang memproduksi mobil listrik merek itu adalah ORA bukan hanya di Tiongkok tapi GWM sudah memiliki fasilitas produksi di Bulgaria, India, Iran, Rusia, bahkan Thailand.

4. Renault Samsung Motors

renault Samsung
Gambar: oto.detik.com

Berikutnya ada Samsung, Samsung ternyata beraliansi dengan Renault untuk membangun brand mobil bernama Renault Samsung Motors hanya kalau kalian lihat semua model mobil Samsung persis banget sama Renault misalnya aja Samsung QM6, sebenarnya itu Renault Kuleos.

Samsung nggak baru kemarin produksi mobil, karena Samsung motor ini berdiri pada tahun 1994 dan mulai menjual mobil mulai tahun 1998, Namun karena dihantam krisis moneter Asia, akhirnya Samsung motor diadopsi oleh renault dan menjadi Renault Samsung Motors atau RSM namun brand ini kurang terkenal karena hanya menjual produknya di Korea Selatan, jadi pesaing langsung dari Hyundai dan Kia.

👉TRENDING:   Sejarah Rem ABS dan Cara Kerja Rem ABS (Anti-lock Braking System)

5. SKODA

SKODA
Gambar: carwale.com

Kita lanjut yang terakhir ada merek asal Ceko didirikan pada tahun 1895 di kota mlada boleslav. Namun, mulai tahun 1994 SKODA berdiri di bawah payung VW group yang sangat besar, SKODA menjual mobilnya di lebih dari 100 negara dengan total penjualan sebanyak 1,25 juta unit per 2018.

Mobil SKODA udah punya nama yang unik juga loh, mulai dari Octavia yang mungkin ini lahirnya bulan Oktober, kemudian Kodiaq, Fabia, dan yang paling lucu adalah Skoda Enyaq mungkin mobilnya enak banget kali ya, tapi dari mobil-mobil tersebut Octavia adalah model yang paling banyak terjual, dengan market terbesar mereka adalah di Eropa Barat, SKODA berfokus pada mobil keluarga dan mobil hemat energi.

SKODA bukan hanya menjual mobil aja namun mereka juga aktif di kejuaraan Rally WRC, mereka memenangkan WRC to Championship di tahun 2015 sampai dengan 2018 secara berturut-turut.