Ini Dia 7 Manfaat Kelapa Muda Untuk Ibu Hamil Dan Janin

Manfaat kelapa muda untuk ibu hamil
Gambar: istockphoto.com

Hallo sobat aloberita, kali ini kita akan membahas manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil, jadi kalau dengar kelapa muda ya ini mungkin sudah turun-temurun, sudah beredar di masyarakat luas tentang manfaatnya. misalkan ada contoh nih kalo air kelapa muda itu bisa bikin bayi putih bersih, Nah ini kira-kira bener atau enggak ya? Memang air kelapa muda itu banyak mengandung elektrolit dan nutrisi yang diperlukan tubuh, bisa juga untuk melepaskan dahaga, menghilangkan haus, apalagi ibu hamil kalau seandainya cuacanya sedang panas, sedang haus, kalau minum air kelapa muda memang menyegarkan.

Memang dianjurkan air kelapa muda untuk ibu hamil, karena kandungan elektrolitnya yang tinggi, kemudian juga kandungan vitamin, mineral, sehingga baik dan berguna untuk tubuh apalagi untuk wanita yang sedang hamil, jadi kandungan elektrolit, nutrisi, mineral, vitamin ini memang berguna untuk menjaga kesehatan ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat kelapa muda untuk ibu hamil

Manfaat kelapa muda untuk ibu hamil-2
Gambar: istockphoto.com

Jadi bukan berarti air kelapa muda itu tidak ada manfaatnya, ada manfaatnya, Nah bagi wanita hamil apa saja sih yang bisa didapatkan ataupun manfaat apa saja jika mengkonsumsi air kelapa muda.

1. Mencegah dehidrasi

Ketika ibu hamil minum air kelapa muda, ini bisa mencegah dehidrasi dan menghilangkan keluhan lemas, mudah lelah, karena kandungan elektrolit yang terdapat di air kelapa muda ini tinggi, ini bisa menggantikan kandungan elektrolit ibu hamil ketika berkeringat ataupun saat sedang morning sickness (gejal mual muntah saat hamil) nah ini kalau seandainya ibu hamil suka mengkonsumsi air kelapa muda, ini manfaatnya bisa mencegah dehidrasi, dehidrasi kalau seandainya dibiarkan ini tidak bagus untuk kesehatan ibu maupun kesehatan bayi, jadi karena keseimbangan elektrolit yang terdapat di dalam air kelapa muda bisa membantu mehidrasi tubuh, mengganti cairan yang hilang akibat berkeringat maupun akibat keluhan mual-muntah morning sickness pada ibu hamil.

👉TRENDING:   Permasalahan Penyakit Diare Dan Gula Dalam Makanan

2. Meringankan sembelit

Pada ibu hamil biasa mengalami sembelit atau susah BAB, Nah ini terjadi pada ibu hamil, karena perubahan hormonal, kemudian gerakan usus melambat, sehingga menyebabkan sulit BAB ataupun gangguan pencernaan sembelit. Nah dengan mengkonsumsi air kelapa muda secara teratur, air kelapa muda selain tinggi elektrolit, nutrisi, vitamin, juga mengandung serat, nah sehingga ini bisa membantu meringankan gejala sembelit.

Air kelapa muda juga dapat membantu menjaga PH tubuh sehingga membantu ke asaman lambung, sehingga mengurangi mual-mual, kemudian juga bisa meningkatkan metabolisme, Nah jadi kalau seandainya ibu hamil mengalami sembelit ataupun gangguan pencernaan, coba-coba untuk mengkonsumsi air kelapa muda.

3. Mencegah infeksi saluran kemih

Pada wanita sering mengalami infeksi saluran kemih dibanding dengan laki-laki, apalagi pada ibu hamil, karena pengaruh perubahan hormon dan juga bentuk anatomi saluran kencing itu sendiri, karena saluran kencing pada wanita itu lebih pendek dibandingkan dengan laki-laki yang lebih panjang, karen anatomi tadi itu bisa mempermudah bakteri untuk menginfeksi saluran kencing, apalagi pada wanita hamil.

Pada wanita hamil itu kan sering BAK sedikit-sedikit, tidak lancar, kemudian juga dipengaruhi oleh hormonal, inilah yang menyebabkan wanita hamil cenderung lebih resiko mengalami infeksi saluran kencing, Ketika ibu hamil mengkonsumsi air kelapa muda ataupun minum air kelapa muda, ini bisa membantu membersihkan saluran kencing, kemudian ini juga bisa meningkatkan fungsi ginjal serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Kandungan kalium pada air kelapa muda ini bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Nah jadi yang memiliki gangguan kencing, bisa mengkonsumsi air kelapa muda

👉TRENDING:   Makanan Sehat Organik Dan Sayuran Organik

4. Meningkatkan imun

Air kelapa muda tinggi antioksidan, karena kandungan vitamin, mineral, elektrolit, seratnya ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jadi ibu hamil menjadi tidak gampang sakit, karena penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh selama hamil, ini biar mengurangi resiko ibu sakit, kalau ibu sakit nanti oerkembangan bayi bisa terganggu, intinya meningkatkan kekebalan tubuh supaya tidak gampang sakit, jadi bisa rutin untuk mengkonsumsi air kelapa muda bagi ibu hamil.

5. Minuman olahraga

Jadi walaupun hamil bukan berarti tidak boleh olahraga, tetap olahraga secara teratur tetapi pilihlah olahraga yang ringan, misalkan joging, jalan santai, yoga, ataupun senam hamil, karena ini penting untuk memperkuat panggul, penting supaya bayi cepat masuk ke rongga panggul, kemudian kalau seandainya setelah berolahraga, mengapa disarankan minum air kelapa muda, karena kandungan elektrolitnya bisa menggantikan elektrolit tubuh yang terbuang melalui keringat, jadi kalau seandainya ibu hamil olahraga lelah, capek, haus, cobalah untuk mengkonsumsi air kelapa muda.

6. Sedikit kalori

Ibu hamil supaya berat badannya tetap terjaga itu kan harus menghindari makanan minuman yang tinggi kalori, karena itu tidak bagus untuk tubuh, daripada ibu hamil mengkonsumsi teh kemasan, minuman bersoda, ataupun minuman yang menurut ibu itu segar, jadi alangkah bagusnya minum air kelapa muda, tapi jangan ditambah sirup, gula ataupun ditambah yang lain.

Kalau bisa air kelapa mudanya itu tetap air kelapa muda murni, karena kalau murni tidak menyumbang kalori yang banyak dibandingkan dengan minuman lain yang sudah segar, enak, dan juga bisa melegakan, dan bermanfaat bagi tubuh, karena kandungan nutrisi vitamin, mineral ini bermanfaat untuk tubuh, apalagi selama hamil.

7. Kontrol gula darah

Karena air kelapa muda ini mengandung vitamin C, protein, kemudian juga magnesium, dan kalium, ini sangat bermanfaat bagi tubuh, bisa meningkatkan kadar kolestrol baik dalam tubuh, kalau seandainya kadar kolesterol baik didalam tubuh itu meningkat, ini bisa mengontrol kadar gula darah juga, kemudian ini juga bisa meningkatkan sirkulasi darah menjadi lebih baik, jadi banyak manfaat minum air kelapa muda bagi ibu hamil.

👉TRENDING:   8 Makanan Yang Membantu Menyuburkan Kandungan Agar Cepat Hamil

Jadi jangan taunya minum air kelapa muda bayi jadi putih bersih, bukan ya, banyak manfaat lain yang lebih penting dibandingkan dengan mitos yang beredar di masyarakat. Selain manfaat yang disebutkan tadi, ada rambu-rambu yang harus diperhatikan dalam mengkonsumsi air kelapa muda.

Tips minum air kelapa muda

  1. Mengkonsumsi air kelapa muda sebaiknya seminggu 3 kali paling banyak, jangan berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik bagi tubuh kita, yang sedang-sedang saja dan sewajarnya saja, jangan sampai ibu hamil tiap hari minum air kelapa muda, tidak mengkonsumsi air putih, jadi air putih tetap menjadi minuman utama.
  2. Pastikanlah air kelapa mudanya itu air kelapa muda murni dan segar, jangan sampai itu ada campuran-campuran lain yang tidak kita lihat, jadi pastikan air kelapa mudanya itu air kelapa muda murni tanpa campuran apapun. atau beli di supermarket air kelapanya yang kemasan, itu enggak bagus lebih bagus yang segar.
  3. Upayakan setelah dipotong kelapanya itu segera diminum, supaya nutrisi dan manfaatnya itu tetap terjaga dan juga masih segar.
  4. Kalau seandainya ibu hamil memang tidak suka minum air kelapa muda, itu jangan terlalu dipaksakan, nanti malah bisa muntah, kalau seandainya memang ingin mendapatkan manfaatnya bisa dicoba dikit demi sedikit, jangan langsung minum 2 gelas, 1 gelas penuh yang awalnya tidak suka, itu malah membuat tidak nyaman, itu malah enggak bagus kalau seandainya sedang hamil.