Olahan Kelapa Dan Antioksidan Alami

Olahan Kelapa Dan Antioksidan Alami

Kelapa adalah salah satu kekayaan alam Indonesia yang dimiliki oleh hampir diseluruh kepulauan Indonesia. Kelapa dengan keunikannya dapat tumbuh di manapun dan dalam kondisi alam seperti apapun. Lebih hebatnya lagi, kelapa memiliki manfaat yang sangat banyak, mulai dari batang sampai ujungnya. Dari sisi buah kelapa ada banyak varian olahan yang bisa dihasilkan dari sebutir kelapa.

Olahan Kelapa Dan Antioksidan Alami

Kita bisa mengambil beberapa hasil olahan buah kelapa, mulai dari arang, minyak goreng, Virgin Coconut Oil (VCO), asap cair, carbon active, coco net dan gula merah, gula semut dan lain sebagainya. Begitu banyaknya manfaat dari hasil olahan kelapa, namun sayangnya di Indonesia kelapa bukan menjadi salah satu produk unggulan negri kaya raya ini.

Virgin Coconut Oil atau VCO adalah salah satu bahan olahan dari air kelapa yang banyak digunakan untuk kebutuhan pengobatan, baik yang bersifat tradisional maupun modern. VCO dari banyak hasil kajian dan penelitian ditemukan mampu mengurangi bahkan menyembuhkan gangguan kanker, tekanan darah tinggi, diabetes militus, jantung koroner dan masih banyak yang lainnya.

👉TRENDING:   Buah Penyembuh Asam Lambung Dan Buah Yang Tidak Di Sarankan

Karena itulah banyak masyarakat dunia yang sebenarnya membutuhkan hasil olahan buah kelapa ini dalam bentuk VCO. Dan hebatnya Indonesia merupakan salah satu penghasil kelapa terbesar dunia dengan kualitas buah yang cukup bagus dan menyebar hampir diseluruh pelosok negri.

Karena besarnya kebutuhan akan olahan kelapa maka seharusnya pemerintah memberikan regulasi yang melindungi produk olahan kelapa dalam negri serta membatasi masyarakat untuk mengekspor kelapa mentah dan hanya memberikan fasilitas ekspor untuk produk olahan kelapa.

Kepedulian pemerintah terhadap hasil bumi yang tak ternilai harganya dan memiliki potensi ekonomi yang besar ini sangat diperlukan segera, karena jumlah petani kelapa dan luasan kebun kelapa makin hari makin berkurang akibat digantinya dengan tanaman keras lain seperti sengon, tebu dan lainnya. Padahal hanya dari buah kelapa kita mampu mendatangkan devisa yang sangat luar biasa.

👉TRENDING:   Cara Memperbaiki Jaringan 4G yang Tidak Stabil

Antioksidan Alami

Antioksidan alami bisa didapatkan dari sumber yang alami salah satunya adalah melalui asupan makanan yang sehat. Salah satu jenis makanan yang sehat adalah makanan yang bersumber dari pertanian organik. Pertanian organik disamping menjadi sumber pangan yang sehat juga bisa menjadi sumber antioksidan alami karena didalam sumber pangan organik kandungan gizi yang terdapat didalamnya merupakan hasil dari proses yang alami.

Sehingga mampu diserap tubuh manusia yang juga memiliki struktur organ yang alami. Antioksidan alami biasanya berbentuk beberapa jenis vitamin, seperti vitamin A, C, E, dan D. Beberapa bentuk vitamin ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas ketahanan tubuh manusia (imunitas) terhadap sumber-sumber penyebab penyakit.

Sumber antioksidan alami sebagian besar bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayuran yang sifatnya mudah larut dan tidak meninggalkan residu yang berbahaya di dalam tubuh. Berbeda jika buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi jika berasal dari bahan pangan yang tidak organik dan tidak sehat akan meninggalkan residu berbahaya didalam tubuh manusia, sehingga peran sebagai antioksidannya tidak dapat berfungsi secara maksimal. Menghindari sumber antioksidan yang tidak alami menjadi hal yang penting jika kita memang mau mendapatkan antioksidan yang sesungguhnya.

👉TRENDING:   0816 Kartu Apa? Operator mana? Provider Apa? Nomor Apa?

Sumber pangan sehat alami saat ini sudah semakin mudah diperoleh karena banyaknya petani yang sudah memiliki kesadaran untuk bertani dengan konsep lebih alami. Besarnya kebutuhan masyarakat akan sumber pangan sehat menjadikan petani mulai memiliki kesadaran untuk beralih ke pertanian organik. Disamping itu masyarakat juga sudah mulai beralih dari gaya hidup yang lebih sehat dan memiliki kesadaran betapa pentingnya mengkonsumsi makanan yang berasal dari sumber yang juga sehat.