...
Cara Cek BPJS Aktif atau Tidak tanpa aplikasi
Cara Cek BPJS Aktif atau Tidak tanpa aplikasi

Cara Cek BPJS Aktif atau Tidak tanpa aplikasi

Cara cek BPJS aktif atau tidak tanpa aplikasi selanjutnya adalah melalui situs web resmi BPJS Kesehatan. Jika kamu tidak ingin melakukan cek saldo BPJS melalui aplikasi, kamu bisa menggunakan cara ini.

Melalui Situs Web Resmi BPJS Kesehatan

Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Kunjungi Situs Web Resmi BPJS Kesehatan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi situs web resmi BPJS Kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id. Setelah itu, kamu akan diarahkan ke halaman utama situs BPJS Kesehatan.

2. Login Akun BPJS Kesehatan

Langkah selanjutnya adalah login akun BPJS Kesehatan kamu. Pilih menu “Login” yang terdapat di pojok kanan atas situs web BPJS Kesehatan. Setelah itu, masukkan nomor kepesertaan dan kata sandi akun BPJS Kesehatan kamu.

Jika kamu belum memiliki akun BPJS Kesehatan, pilih menu “Daftar Akun” terlebih dahulu. Kamu akan diarahkan ke halaman pendaftaran akun BPJS Kesehatan. Ikuti langkah-langkahnya dengan benar dan lengkap.

3. Cek Saldo dan Status Keaktifan BPJS Kesehatan

Setelah berhasil login ke akun BPJS Kesehatan kamu, kamu bisa melakukan cek saldo dan status keaktifan BPJS Kesehatan. Pilih menu “Layanan Mandiri” yang terdapat di pojok kanan atas situs web BPJS Kesehatan. Setelah itu, pilih sub-menu “Cek Saldo dan Status Keaktifan”.

Kamu akan diarahkan ke halaman cek saldo dan status keaktifan BPJS Kesehatan. Masukkan nomor kepesertaan dan tanggal lahir kamu. Setelah itu, klik tombol “Cek Saldo dan Status Keaktifan”.

Kamu akan melihat informasi saldo dan status keaktifan BPJS Kesehatan kamu. Jika status keaktifan BPJS Kesehatan kamu aktif, maka kamu masih bisa menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan. Namun, jika status keaktifan BPJS Kesehatan kamu tidak aktif, maka kamu harus segera memperpanjang BPJS Kesehatan kamu agar tetap dapat menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan.

4. Cetak Bukti Keaktifan BPJS Kesehatan

Setelah melakukan cek saldo dan status keaktifan BPJS Kesehatan, kamu juga bisa mencetak bukti keaktifan BPJS Kesehatan kamu. Pilih menu “Cetak Bukti” yang terdapat di bawah informasi saldo dan status keaktifan BPJS Kesehatan.

Kamu akan diarahkan ke halaman cetak bukti keaktifan BPJS Kesehatan. Pilih jenis bukti yang ingin kamu cetak, misalnya bukti kepesertaan, bukti iuran, atau bukti pembayaran. Setelah itu, klik tombol “Cetak Bukti”.

Bukti keaktifan BPJS Kesehatan kamu akan tampil dalam bentuk file PDF. Kamu bisa langsung mencetaknya atau menyimpannya terlebih dahulu di komputer atau ponsel kamu.

Itulah cara cek BPJS aktif atau tidak tanpa aplikasi melalui situs web resmi BPJS Kesehatan. Cara ini sangat mudah dan praktis dilakukan. Selain itu, kamu juga bisa langsung mencetak bukti keaktifan BPJS Kesehatan kamu dengan cara ini. Jadi, tunggu apa lagi? Cek saldo dan status keaktifan BPJS Kesehatan kamu sekarang juga!