Cara Mengganti Background Foto di HP Tanpa Aplikasi
Cara Mengganti Background Foto di HP Tanpa Aplikasi

Cara Mengganti Background Foto di HP Tanpa Aplikasi

Mengganti background pada foto atau gambar di hp menjadi salah satu hal yang sering dilakukan oleh banyak orang. Karena dengan mengganti background, foto atau gambar yang tadinya biasa-biasa saja akan menjadi lebih menarik dan unik. Biasanya orang akan menggunakan aplikasi editing foto untuk mengganti background, namun ternyata ada cara yang dapat dilakukan secara manual tanpa harus menggunakan aplikasi.

Cara Mengganti Background Foto di HP

Berikut ini adalah cara mengganti background foto di hp secara manual:

1. Menggunakan Aplikasi Imgur

Aplikasi Imgur adalah aplikasi penyimpanan dan berbagi foto yang terkenal di dunia. Namun, selain sebagai aplikasi penyimpanan dan berbagi foto, Imgur juga menyediakan fitur editing foto termasuk mengubah background. Untuk mengubah background dengan aplikasi Imgur, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Unduh aplikasi Imgur di Google Play Store atau App Store
  • Buka aplikasi Imgur dan pilih “Create Post”
  • Pilih “Upload Image” untuk mengambil foto atau gambar dari galeri di hp Anda
  • Setelah foto atau gambar terunggah, pilih “Edit Image”
  • Pilih “Background” dan pilih “Transparent”
  • Dapatkan “Eraser” dan mulai menghapus bagian yang ingin diubah backgroundnya.
  • Setelah selesai, pilih “Background” lagi dan pilih background baru yang ingin diaplikasikan pada foto atau gambar yang tadi dibuat.

Itulah cara mengganti background foto di hp secara manual dengan menggunakan aplikasi Imgur. Meskipun terkesan sedikit ribet, namun dengan cara ini kamu dapat mengubah background tanpa harus menggunakan aplikasi editing foto lainnya.

2. Menggunakan Aplikasi Paint di Komputer

Selain menggunakan aplikasi Imgur, Anda juga dapat mengubah background foto atau gambar dengan menggunakan aplikasi Paint yang ada di komputer. Langkah-langkahnya adalah:

  • Bawa foto atau gambar yang ingin diubah backgroundnya dan buka aplikasi Paint
  • Pilih menu “File” dan pilih “Open”
  • Cari foto atau gambar yang ingin diubah backgroundnya dan pilih “Open”
  • Setelah foto atau gambar terbuka, pilih “Fill” pada menu atas dan pilih background yang diinginkan
  • Klik pada bagian background yang akan diubah menjadi warna baru
  • Pilih “Save As” dan simpan foto atau gambar yang telah diubah dengan background baru.

Dua cara di atas adalah cara mengganti background foto di hp secara manual tanpa menggunakan aplikasi editing foto lainnya. Dengan kedua cara ini, kamu dapat mengubah background foto atau gambar menjadi lebih menarik dan unik hanya dengan mengikuti langkah-langkah sederhana yang telah dijelaskan. Jangan ragu untuk mencoba dan jadilah kreatif dengan foto atau gambarmu.

Baca Juga:  Cara Download Aplikasi Game di App Store

Menggunakan fitur bawaan untuk mengubah background foto di HP

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, mengubah background foto di hp menjadi semakin mudah. Tidak perlu lagi menginstal aplikasi atau memakai software tertentu, kamu dapat mengubah background foto di hp hanya dengan cara yang sederhana.

Salah satu cara mengubah background foto di hp adalah dengan menggunakan fitur bawaan yang disediakan oleh sistem operasi di hp. Berikut adalah beberapa langkah-langkah untuk mengubah background foto di hp dengan menggunakan fitur bawaan yang ada.

1. Pilih Foto yang Ingin Diubah Background-nya

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih foto yang ingin dijadikan background di hp kamu. Foto apa pun bisa kamu gunakan, baik itu foto diri sendiri atau foto pemandangan.

Pastikan foto yang kamu pilih memiliki kualitas yang baik dan tepat sesuai dengan layar hp kamu. Jika ukuran foto terlalu besar, kamu dapat memperkecilnya terlebih dahulu sebelum dijadikan background foto.

2. Atur Background Foto dengan Wallpaper Pada Sistem Operasi HP Kamu

Setiap sistem operasi yang ada pada hp umumnya memiliki fitur wallpaper yang dapat kamu gunakan untuk mengatur tampilan background pada layar hp kamu.

Di hp Android, kamu dapat memilih menu “Wallpaper” yang terdapat pada menu “Pengaturan” atau pada layar depan hp kamu. Setelah itu, pilih “Set Foto” dan pilih foto yang ingin kamu gunakan sebagai background pada layar hp kamu.

Sedangkan di hp iPhone, kamu dapat memilih menu “Pengaturan”, kemudian pilih “Wallpaper”. Setelah itu, kamu dapat memilih foto yang ingin kamu jadikan background di hp kamu dan atur sesuai dengan keinginan kamu.

3. Atur Ukuran atau Skala Foto

Biasanya ukuran atau skala foto yang kamu pilih tidak sesuai dengan ukuran layar hp kamu. Sehingga kamu perlu mengatur ukuran atau skala foto tersebut.

Pada sistem operasi Android, kamu dapat menggunakan fitur crop yang terdapat pada menu “Wallpaper”, kemudian atur ukuran atau skala foto sesuai dengan layar hp kamu.

Sedangkan pada sistem operasi iPhone, kamu dapat menyesuaikan ukuran atau skala foto dengan memposisikan foto tersebut di layar dan mengatur dengan gesture pada layar hp kamu.

4. Simpan Background Foto

Terakhir, setelah kamu selesai mengatur background pada layar hp kamu, kamu dapat menyimpannya dengan cara yang mudah. Pada sistem operasi Android, kamu hanya perlu memilih tombol “Simpan Wallpaper”, kemudian foto yang kamu pilih akan tersimpan sebagai background pada layar hp kamu.

Sedangkan pada sistem operasi iPhone, kamu dapat memilih tombol “Set sebagai Wallpaper”, kemudian akan muncul beberapa opsi yang dapat kamu pilih, seperti “Set as Lock Screen”, “Set as Home Screen”, atau “Set as Both”. Pilih salah satu opsi tersebut kemudian foto yang kamu pilih akan tersimpan sebagai background pada layar hp kamu.

Demikianlah cara mengubah background foto di hp tanpa aplikasi dengan menggunakan fitur bawaan yang telah disediakan pada sistem operasi hp yang kamu punya. Dengan cara yang mudah ini, kamu dapat mengubah tampilan background pada layar hp kamu sesuai dengan keinginan kamu.

Menyesuaikan gambar agar pas dengan background di hp

Memilih gambar yang bagus dan cocok dengan mood kita adalah bagian dari pengalaman ponsel kita. Namun, seringkali gambar yang kita miliki tidak cocok dengan background yang kita inginkan. Oleh karena itu, Anda perlu cara untuk menyesuaikan gambar agar pas dengan background di hp Anda. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk melakukannya:

1. Mengubah Ukuran Gambar

Cobalah untuk mengubah ukuran gambar Anda. Ini bisa dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi foto atau editor online. Pastikan untuk memilih ukuran gambar yang sesuai dengan resolusi layar ponsel Anda agar gambar tetap jelas.

Baca Juga:  Begini Cara Salin Tautan Di Tiktok Untuk Dibagikan, Mudah

2. Mengubah Gamma

Jika gambar terlalu terang atau terlalu gelap, mengubah gamma mungkin bisa membantu. Gamma adalah pengaturan kecerahan dan kontras gambar. Jadi, dengan menyesuaikan gamma, Anda dapat membuat gambar lebih terang atau lebih gelap sesuai keinginan Anda.

3. Pilih Warna yang Cocok

Salah satu cara paling efektif untuk menyesuaikan gambar agar cocok dengan background di hp adalah dengan memilih warna yang cocok untuk background. Cobalah untuk menggunakan gambar dengan warna yang sudah disesuaikan dengan warna latar belakang ponsel Anda. Misalnya, jika background ponsel Anda berwarna biru, gunakan gambar dengan warna yang menyatu atau cukup kontras dengan biru. Anda juga bisa menyesuaikan warna gambar dengan warna latar belakang ponsel Anda dengan menggunakan fitur editor gambar. Pastikan gambar tidak terlalu kusam atau terlalu terang.

4. Crop Gambar

Jika gambar terlalu besar atau memiliki area yang kurang menarik, cobalah untuk memotong gambar. Crop gambar menghilangkan bagian gambar yang tidak diperlukan dan mempertahankan hanya area utama yang Anda inginkan. Anda juga dapat mencoba untuk fokus pada satu objek utama dan memotong bagian lainnya.

5. Tambahkan Filter

Filter dapat memberikan tampilan gambar yang lebih baik. Cobalah menambahkan filter seperti hitam putih, vintage, atau retro. Filter juga bisa memperbaiki kontras dan kecerahan gambar. Namun, jangan terlalu sering menggunakan filter, karena filter yang tidak sesuai dapat membuat gambar menjadi terlalu berlebihan atau tidak realistis.

Dengan menyesuaikan gambar Anda dengan background ponsel Anda, Anda dapat membuat pengalaman ponsel Anda menjadi lebih menyenangkan dan personal. Hal-hal yang sederhana seperti memilih gambar dengan warna yang cocok dan menambahkan filter yang tepat dapat membuat perbedaan yang signifikan. Selamat mencoba dan eksplorasi berbagai pilihan untuk menyesuaikan gambar agar pas dengan background di hp Anda.

Menggunakan aplikasi browser untuk merubah latar belakang gambar di HP

Sudah menjadi hal yang umum jika kita merasa bosan dengan tampilan latar belakang pada ponsel kita. Apalagi, tampilan laman depan akan lebih cantik jika disesuaikan dengan keinginan kita. Namun, banyak yang belum mengetahui cara untuk mengubah latar belakang gambar tanpa install aplikasi khusus. Oleh karenanya, berikut adalah cara termudah dan cepat mengubah latar belakang gambar pada hp dengan menggunakan aplikasi browser.

1. Cari gambar yang diinginkan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mencari gambar yang diinginkan sebagai latar belakang di search engine seperti Google. Pastikan gambar yang akan digunakan memiliki resolusi tinggi dan tetap terlihat bagus saat diterapkan sebagai latar belakang.

2. Pilih gambar yang diinginkan

Ketika gambar sudah ditemukan, pilih gambar tersebut dan klik gambar tersebut untuk membuka gambar dengan kualitas penuh.

3. Unduh gambar tersebut

Setelah gambar terbuka, unduh gambar tersebut dengan cara klik tombol unduh yang ada pada layar. Jika gambar tersebut sudah terunduh, gunakan aplikasi pengganti latar belakang yang sudah terinstal di hp atau gunakan aplikasi kamera bawaan.

4. Menggunakan aplikasi browser untuk mengubah latar belakang gambar

Jika kamu belum memiliki aplikasi pengganti latar belakang, kamu dapat menggunakan aplikasi browser bawaan di hp kamu. Setelah membuka gambar tadi, klik tombol bagikan dan pilih “set as wallpaper”. Kemudian, pilih “apply” untuk mengatur gambar sebagai latar belakang.

Namun, perlu diketahui bahwa metode ini mungkin tidak berfungsi pada semua jenis hp, tergantung pada jenis browser yang digunakan. Namun, cara ini cukup efektif pada penggunan browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Safari. Selain itu, pastikan opsi “Zoom” pada browser telah diatur dengan benar sehingga gambar yang digunakan tidak pecah dan terlihat merata.

Baca Juga:  Begini Cara Menggunakan Template di Aplikasi Capcut

5. Buat tampilan yang lebih kreatif
Setelah mengubah latar belakang, kamu juga bisa menambahkan ikon atau widget yang bagus untuk membuat tampilan hp menjadi lebih menarik. Kamu dapat menambahkan widget seperti cuaca, kalender, atau penghitung langkah. Selain itu, kamu juga dapat memilih berbagai tema yang sesuai dengan selera kamu.

Itulah cara yang paling mudah untuk mengubah latar belakang pada hp menggunakan aplikasi browser bawaan tanpa perlu menginstal aplikasi khusus. Namun, perlu diingat bahwa hasil akhir tergantung pada kualitas gambar dan resolusi hp yang digunakan. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih gambar yang sesuai dan menggunakan hp dengan resolusi yang layak untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Tips dan trik agar hasil background foto di hp terlihat profesional

Tips dan trik agar hasil background foto di hp terlihat profesional

Saat ini, banyak dari kita yang sering mengunggah foto di media sosial. Dalam mempersiapkan foto-foto tersebut, setiap detail sangat penting termasuk dalam memilih background foto. Latar belakang foto yang cocok dan menarik dapat meningkatkan estetika pada foto dan membuatnya terlihat lebih profesional. Tidak perlu khawatir jika tidak memiliki aplikasi untuk mengganti latar belakang foto, karena saat ini cara mengganti background foto di hp dapat dilakukan dengan mudah tanpa perlu menjalankan aplikasi pengeditan foto tertentu.

Berikut adalah beberapa tips dan trik cara mengganti background foto di hp tanpa aplikasi pengeditan sanggup menghasilkan latar belakang foto dengan tampilan yang profesional:

1. Pilihlah foto dengan background yang cocok

Pemilihan background yang tepat sangat tergantung pada tema atau konsep foto yang ingin dihasilkan. Karena itu, pastikan untuk memilih foto dengan background yang sesuai dengan tema dan memberikan kesan menarik berdasarkan objek yang satu fokus dalam foto Anda.

2. Gunakan fitur pemotretan pada mode Portrait

Beberapa aplikasi kamera pada perangkat seluler memiliki fitur mode potret. Fitur ini sangat membantu dalam mengambil gambar dengan mengaburkan background foto secara otomatis, sehingga foto menjadi terlihat lebih fokus pada objek yang difokuskan.

3. Manfaatkan aplikasi bawaan pada Hp

Beberapa merk hp memiliki aplikasi bawaan yang dapat digunakan untuk mengganti background foto. Aplikasi tersebut biasanya terletak pada menu “pengaturan” dan dapat dengan mudah dioperasikan. Contoh aplikasi tersebut adalah aplikasi pengaturan tema pada Hp Xiaomi, yang dapat dimodifikasi sesuai dengan selera anda.

4. Menggunakan Layanan situs pembuat background foto online

Terlepas dari aplikasi yang telah terinstal pada Hp, ada pilihan lain yang dapat digunakan yaitu situs pembuat background foto online seperti Canva, Befunky, PicMonkey dan banyak lainnya. Anda bisa langsung mengakses situs tersebut melalui browser di Hp pribadi, kemudian memilih template yang disediakan, atau membuatnya dari awal dengan mengunggah foto yang ingin digunakan.

5. Gunakan filter warna auto correct

Saat Anda mengambil foto, kadang-kadang hasil foto tidak sesuai dengan keinginan. Karena itu, gunakan fitur auto correct atau filter warna di aplikasi foto editor yang telah terinstal pada hp. Pastikan warnanya sesuai dengan tampilan background foto yang profesional menghasilkan kesan yang lebih dramatis dan lebih menarik secara visual. Tidak perlu takut untuk menggunakan fitur auto correct dengan mengatur opsi warna terlebih dahulu, sehingga hasilnya akan terlihat lebih maksimal.

Penerapan tips dan trik di atas akan membuat latar belakang foto Anda terlihat lebih menarik dan profesional. Selamat mencoba!