Ingin investasi Syariah, Ini Dia 5 Saham Syariah Yang Bagus Untuk Di Tabung
Gambar: istockphoto.com

Ingin investasi Syariah? Ini Dia 5 Saham Syariah Yang Bagus

5 Saham syariah bagus-2
Gambar: istockphoto.com

Saham syariah merupakan saham yg tak bertentangan dgn prinsipsyariah dipasar modal, lembaga yg mengurus yakni DSN-MUI (Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia) ditahun 2003 MUI mengeluarkanfatwa nomor40 tntang pasarmodal serta pdoman umumpenerapan prnsip syariah dibidang pasarmodal. Pada thun 2011 MUI menerbitkan fatwa nomor80 tntang pnerapan prnsip syariah, dlm mekanisme perdgangan efekbersifat ekuitas dipasar reguler BursaEfek.

5 Saham syariah bagus

Jika kita lihat fatwa diatas, investasi saham Syariah dianggap sesuai Syariah, utk jualbeli saham Syariah. Apa aja kriteria saham syariah?

  1. Kegiatan perusahaanya tak bertntangan dgn prinsip syariah sperti memproduksi barang haram, perjudian, jasa keuangan konvensional, jasa asuransi konvensional, melakukan transaksi yg terdapat unsur suap dan perdagangan yg dilarang Syariah.
  2. Total hutang lebih kecildari aset, maksimal 80% dari ekuitas serta 40% dari total aset.
  3. Pendapatan dari bunga lebih kecil dari pendapatan usaha keseluruhan, yaitu kurang dari 10% sama apa yang termasuk saham Syariah, ditanggal 1 Juli 2012 OJK DSN-MUI (Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia) baru saja merilis saham apa saja yg masuk daftar saham Syariah, anda dapat melihatnya di website Bursa Efek Indonesia.

Saham Syariah juga memiliki indexnya sendiri yang bernama ISSI (Index Saham Syariah Indonesia) selain ISSI ada juga JII (Jakarta Islamic index) yang merupakan daftar 30 saham syariah yg palng likuid.

Bagaimana cara memilih saham syariah yang bagus?

Dari 447 saham syariah yg terdaftar, kita akan pilih saham syariah yg terbaik dengan kriteria berikut.

  1. Industrinya masih tumbuh di masa depan.
  2. Revenue selalu tumbuh minimal 5% dalam 3 tahun terakhir.
  3. Net profit margin minimal 5% dalam 5 tahun terakhir, ROE minimal 10%.
  4. Perusahaan selalu membagikan dividen.
  5. Memiliki kondisi keuangan yang sehat.
Dari  kriteria tersebut, kita mendapat saham Syariah sebagai berikut.

1. SIDOMUNCUL

SIDOMUNCUL
Gambar: sidomuncul.co.id

Sidomuncul atau Sido memiliki kegiatan usaha dalam perindustrian jamu serta Farmasi, perdagangan, pengangkutan darat, jasa, serta pertanian, usaha perindustrian meliputi usaha obat-obatan, jamu dgn merk tolak angin, Kuku Bima, minuman dan mkanan yg berhubungan dgn kesehatan. Mari kita lihat laporan keuangannya.

đŸ‘‰TRENDING:   Kode Bank BCA Untuk Keperluan Transfer ke Bank Lainya

Sido memiliki penjualan sebesar 3 Triliun pertahun dengan pertumbuhan penjualan 6% per tahun, selama 3 tahun terakhir, memiliki aset sebesar 3,7 triliun dengan kewajiban sebesar 440 miliar, secara keuntungan perusahaan memiliki ROE sangat bagus sebesar 25% dan mencetak rata-rata net profit Margin yang bagus yaitu 21% dalam 5 tahun terakhir, perusahaan juga membagikan keuntungan ke investor dalam bentuk dividen dengan nilai yang cukup besar yaitu 5,7% dan memiliki pertumbuhan EPS yang bagus sebesar 22% secara kondisi keuangan, Sido memiliki kondisi keuangan yang sangat sehat, dengan beban hutang di bawah 1X, Current Ratio di atas 1X, dan Interest Coverage Ratio yang bagus yaitu 67X, secara valuasi Sido memiliki PER 22X dan PBV 5,5X Anda bisa membeli saham ini dengan harga hanya Rp122.500/Lot

2. MAYORA

MAYORA
Gambar: mayoraindah.co.id

Mayora Bergerak dlm bidang pmbuatan mkanan permen, biskuit. Perusahaan menjual produk nya di pasar domestik serta luarnegeri, Mayora merupakan pemimpin pasar untuk biskuit dan memiliki banyak merek terkenal seperti Rhoma, Kopiko, Energen ,Astor, Bakmi mewah, dan lainnya. Perusahaan mulai beroperasi secara komersial sejak 1978. Mari kita lihat laporan keuangannya.

đŸ‘‰TRENDING:   Mindset Orang Sukses, Inilah Pola Pikir Yang Dimiliki Orang Sukses

Mayora memiliki penjualan sebesar 25 triliun pertahun dengan pertumbuhan penjualan 11% pertahun selama 3 tahun terakhir, perusahaan memiliki ROE sangat bagus sebesar 23% dan mencetak net profit margin 7%, perusahaan membagikan dividen yield 1,4% dan memiliki pertumbuhan EPS sebesar 16%, Mayora memiliki kondisi keuangan yg sangat sehat dgn beban hutang DER dibawah 1X, Current Ratio di atas 1X, ICR 9X, secara valuasi Mayora mempunyai PER 9X dan PBV 4X, anda bisa membeli saham ini dgn harga hanya Rp219.000/lot.

3. ACE Hardware

ACE Hardware-2
Gambar: acehardware.co.id

Ace hardware merupakan pelopor dlm bidang home improvement dan Lifestyle, kegiatan perusahaan meliputi usaha perdagangan umum, termasuk kegiatan ekspor impor, serta menjalankan usaha sebagai agen dan distributor. Saat ini kegiatan usaha perseroan terutama adalah penjualan ritel barang-barang untuk kebutuhan rumah tangga dan Lifestyle, perseroan merupakan anggota kelompok kawan lama. Mari kita lihat laporan keuangannya.

Ace hardware memiliki penjualan sebesar 8 Triliun per tahun, dengan pertumbuhan penjualan sebesar 18% per tahun selama 3 tahun terakhir, perusahaan memiliki ROE sebesar 21% dan mencetak rata-rata net profit margin 13%, perusahaan membagikan dividen yield 1,8%, Ace hardware memiliki kondisi keuangan yang sangat sehat dengan beban hutang dari di bawah 1X, CRR di atas 1X Dan ICR 39X. Secara valuasi Ace hardware memiliki PER 25X dan PBV 5X, anda bisa membeli saham ini dengan harga Rp155.500/lot.

4. ULTRAJAYA

ULTRAJAYA
Gambar: id.wikipedia.org

Ultrajaya atau ULTJ memiliki kegiatan usaha di bidang industri makanan dan minuman, produk-produk yang diproduksi antara lain susu cair dengan merek Ultra milk, Teh kotak, Sari kacang hijau, Susu kental manis Ultra milk, dan minuman buah-buahan ultra. saat ini perseroan telah menjangkau lebih dari 25.000 grosir yang menjual produk lebih dari 65.000 ritel. Mari kita lihat laporan keuangannya.

đŸ‘‰TRENDING:   Jenis Asuransi Pengiriman Barang

Ultrajaya memiliki penjualan sebesar 6 Triliun pertahun, dengan penjualan 10% pertahun, perusahaan memiliki ROE sebesar 20% dan net profit margin sebesar 14% dalam 5 tahun terakhir, ultrajaya memiliki kondisi keuangan yang sangat sehat, DER bahwa 1X dan CRR di atas 1X, secara valuasi ultrajaya memiliki PER 10X dan PBV 3,7X, anda bisa membeli sahamnya dengan harga Rp161.000/lot.

5. TELKOM

TELKOM
Gambar: telkom.co.id

Saham blue chip Telkom, Telkom Indonesia menawarkan layanan telekomunikasi dan jaringan segmen perusahaan mencakup perusahaan, rumah, dan perorangan, segmen korporasi menyediakan layanan telekomunikasi, satelit, dan layanan data internet, segmen rumah indihome menyediakan layanan internet serat optik ,Telkom memiliki anak perusahaan yaitu Telkomsel. Mari kita lihat laporan keuangannya.

Telkom memiliki penjualan sebesar 135 triliun pertahun, dengan pertumbuhan penjualan 5% pertahun, perusahaan memiliki ROE sebesar 17% dan rata-rata net profit margin 15% , Telkom rutin membagikan dividen setiap tahun dengan nilai yang cukup besar yaitu 5%, Telkom memiliki DER dibawah 1X dan ICR yang bagus sebesar 9,5X, secara valuasi Telkom memiliki PER 16X dan PBV 2,8X, anda bisa membeli saham Telkom dengan harga Rp311.000/lot.