Cara Belajar Bahasa Korea dengan Mudah dan Cepat untuk Pemula-2

Cara Belajar Bahasa Korea: Cepat dan Mudah di Pahami untuk Pemula

9 Tips belajar bahasa Korea
Gambar: tribunnews.com

Demam budaya populer Korea atau K-pop di Indonesia akhir-akhir ini semakin marak, kebudayaan asal Timur itu ramai digandrungi anak-anak muda dari berbagai kalangan, mulai dari musik-musik dan dancenya yang ditampilkan oleh para Boyband dan Girlband, hingga drama-drama bertema percintaan dan kehidupan yang sangat relatable dengan kehidupan sehari-hari, membuat kebudayaan Korea ini begitu hits di kalangan remaja maupun dewasa.

Selain dari sisi K-Pop yang sangat marak, sisi bahasa yang digunakan juga menjadi daya tarik sendiri bagi penggemar budaya Korea ini, secara tidak langsung melihat dan mendengar dari nyanyian ataupun drama yang ditonton membuat orang tertarik untuk mempelajarinya, sehingga bisa mengerti makna dari apa yang ada dalam budaya populer Korea tersebut, baik dari musik maupun drama dan filmnya, baik itu penulisan kalimat serta cara pengucapannya.

9 Tips belajar bahasa Korea

9 Tips belajar bahasa Korea-2
Gambar: istockphoto.com

Oleh karena itu jika kamu adalah pemula dan tertarik mempelajari bahasa Korea ini, kamu harus membagi waktu dengan kesibukanmu, mempelajari bahasa asing tentunya mempunyai tantangan tersendiri, apalagi bahasa Korea. Yang paling penting belajar bahasa asing membutuhkan konsistensi, jadi jangan mudah menyerah jika menemukan kesulitan ketika kamu mempelajarinya. Berikut ini akan kami sajikan 9 tips belajar bahasa Korea untuk kamu yang pemula.

👉TRENDING:   4 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Yang Mengubah Masa Depanmu

1. Pelajari huruf hangul

Pelajari huruf hangul
Gambar: istockphoto.com

Yang pertam kamu harus mempelajari terlebih dahulu alfabet atau huruf-huruf hangul, berbeda dengan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris, huruf hangul ini terdiri dari 14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal, Hangul ini termasuk alfabet yang paling mudah dibandingkan dengan alfabet bahasa Cina atau Mandarin, namun kamu juga harus mempelajarinya dari awal agar kamu paham jika nantinya menulis sebuah kata atau kalimat.

2. Perbanyak kosakata

Tips yang kedua adalah perbanyak pengetahuan kamu dengan berbagai kosakata, kosakata adalah hal yang paling penting jika kamu ingin menguasai bahasa Korea, pelajari kosakata yang paling dekat dengan keseharianmu adalah hal yang paling baik, karena kata-kata tersebut pasti akan sering dipakai, kemudian selain perbanyak kosakata kamu juga harus menghafal angka-angka dalam bahasa Korea, karena jika kamu hanya belajar mengenai huruf dan kata-kata saja akan terasa kurang, dan kamu tidak akan mendapat ilmu yang menyeluruh, pelajari dengan cermat tips.

3. Cermati

Yang ketiga adalah pelajari dengan cermat, apa yang perlu kamu lakukan agar dapat mempelajari bahasa Korea dengan cermat? jawabannya adalah dengan mengetahui kata-kata serapan atau pinjaman bahasa Korea dari bahasa Inggris, jadi ketika kamu merasa menghafal kosakata yang terlalu banyak itu susah, kamu bisa banget pakai cara cermat ini sebagai bantuan.

Kamu dalam memperluas kosakata dengan mudah, misalnya ketika kamu menghafal bahasa Koreanya coklat, kamu bisa mengingat bahasa Inggrisnya atau bahasa Indonesianya coklat, yang sama-sama mirip dengan bahasa Korea yaitu Chocollis artinya sama yaitu coklat.

👉TRENDING:   Ekstensi Dokumen Yang Dihasilkan Oleh Program Microsoft Excel 2010 Adalah

4. Buat skala prioritas

Tips selanjutnya adalah dengan membuat skala prioritas, skala prioritas harus dilakukan agar kamu tahu seberapa jauh kamu mempelajari bahasa Korea ini, misalnya minggu ini kamu mempelajari dan menghafal 100 kosakata dalam bahasa Korea, kemudian minggu depannya kamu buat skala prioritas untuk mempelajari grammar-nya, listening dan sebagainya, agar kamu tidak merasa terbebani dengan mempelajari bahasa Korea, jadi jangan lupa buat skala prioritas secara rutin agar bahasa Korea kamu bisa terus berkembang.

5. Menonton drama Korea

Tips selanjutnya adalah nonton drama korea, bagi kamu yang masih sangat pemula dalam mempelajari bahasa Korea ini, kamu bisa belajar dari menonton drama-drama Korea, dengan nonton drama korea, kamu bisa memperkaya kosakata yang kamu miliki, kamu juga bisa melihat cara pengucapan yang diucapkan oleh aktor di drama tersebut, kamu bisa nonton drama Korea ini dengan mengatur subtitlenya dengan bahasa Korea, dengan begitu kamu bisa lebih paham dan tidak mudah lupa dengan banyak kosakata dan ungkapan-ungkapan dalam bahasa Korea.

6. Dengarkan lagu K-Pop

Dengarkan lagu K-Pop
Gambar: istockphoto.com

Tips keenam bisa kamu lakukan dengan mendengarkan lagu K-Pop, dengan sering mendengarkan lagu-lagu dalam bahasa Korea, kemampuan listening kamu akan meningkat banyak sekali, genre-genre dalam bahasa Korea yang bisa kamu dengar, baik itu yang dinyanyikan oleh penyanyi solo maupun Boyband dan Girlband, jika kamu kesulitan dengan genre-genre cepat yang biasa dinyanyikan oleh boyband atau girlband, kamu bisa mendengarkan lagu-lagu yang easy listening seperti lagu-lagunya IU, Taeyeon atau bisa juga Super Junior yang biasanya membawakan lagu-lagu Ballad.

👉TRENDING:   5 Cara Agar Dapat Beasiswa Kuliah di Amerika Serikat

7. IkutI les

Tips berikutnya bagi kamu yang pemula dalam belajar bahasa Korea ini, kamu bisa mengikuti les atau kursus bahasa Korea, tips ini bisa kamu coba jika kamu adalah tipe pembelajar yang harus ada mentor atau tutor dalam mempelajari sesuatu dengan mengikuti les atau kursus, kamu bisa langsung bertanya kepada guru yang ahli dalam bahasa Korea, kamu bisa juga mengaplikasikan kemampuan speaking dengan berinteraksi oleh orang-orang yang dalam lingkunganmu.

Mengikuti les, ini juga bisa mengukur sejauh mana kamu bisa menguasai bahasa Korea, karena pasti di akhir materi ada soal-soal ujian yang harus kamu jawab.

8. Join komunitas

Tips ke delapan adalah dengan join komunitas pecinta kebudayaan korea, join komunitas juga akan menambah pengetahuan kamu mengenai bahasanya, apalagi untuk kamu yang masih pemula, dengan join komunitas kamu akan bertemu banyak teman yang sama-sama tertarik mengenai budaya dan bahasa Korea, kamu akan belajar satu sama lain dari anggota yang berada pada komunitas tersebut.

Biasanya pada sebuah komunitas akan banyak acara yang akan dilaksanakan, Nah itu adalah kesempatan besar bagi kamu untuk ikut serta didalamnya.

9. Gunakan di keseharian

Setelah belajar dengan berbagai cara, jika tidak di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari rasanya akan sia-sia, gunakanlah ilmu yang sudah kamu dapatkan dengan memakainya dalam percakapan sehari-hari baik itu secara langsung maupun melalui chatting, jadi jangan lupa diterapkan ya agar kamu bisa ahli dalam bidang bahasa Korea ini.