Ketahui 3 Cara Reset Ecu VVTI Secara Manual Tanpa Ke Bengkel

Ketahui 3 Cara Reset Ecu VVTI Secara Manual Tanpa Ke Bengkel

Lalu Kapan mobil itu perlu diriset ecu nya

Cara mereset mereset Ecu untuk mobil VVTI seperti Avanza, Xenia, Rush, Terios, Luxio, Grand Max dan semacamnya. Kenapa sih mobil itu perlu di reset Ecu nya? kapan harus di reset Ecu? dan kejadian apa saja yang biasanya dibutuhkan untuk mereset Ecu tersebut? Apa itu reset Ecu pada mobil? Reset itu artinya mengembalikan atau mereset settingan komputerisasi dan elektrikal yang ada di mobil yang menggunakan mesin VVTI kembali seperti semula seperti aturan dari pabrik ,itu yang dimaksud dengan reset ecu, jadi dengan direset performa mobil akan kembali seperti semula.

Kapan mobil itu perlu di reset ecu nya?

  1. Saat servis, saat kita mengganti part, saat kita mencopot salah satu sensor yang ada di mesin, maka kita wajib untuk mereset Ecu nya dengan 3 cara tadi.
  2. Untuk mobil injeksi seperti avanza, xenia itu biasanya kalau kondisi RPM naik turun, mobil tidak tidak nyaman, boros, berat tarikannya, itu sebaiknya sebelum dibawa kebengkel, sebelum diservis, ganti segala macam, coba reset Ecu nya dulu.
  3. Kadang sering kali di jalan kita tiba-tiba indikator mesin itu menyala yang di dashboard itu berkedip-kedip, itu bertanda bahwa ada trouble di mesin atau sensor-sensor, tapi jangan panik, sebelum dibawa ke bengkel coba reset ecu nya secara manual dulu.
👉TRENDING:   5 Rekomendasi Helm Fullface Termurah: Kuallitas Standar Internasional

contoh kasus seperti ketika kondisi mobil jalan, kadang kita sering lupa saat memasukkan antara kopling dan gas, maka mesin tiba-tiba mati dan saat mati itu kita langsung nyalakan kembali, saat menyalakan kembali itu kadang lampu mil menyala, Nah dari situ selanjutnya berhenti dan coba reset secara manual dengan cara kunci kontak on off  sebanyak 5 kali. setelah direset secara manual dengan on off 5 kali, maka indikator mesin lampung mesin dashboard itu sudah mati kembali dan performa mobil menjadi nyaman kembali.

Cara reset ecu secara manual

Berikut adalah 3 cara mereset ecu secara manual tanpa di bawa ke bengkel tanpa penggunakan alat.

👉TRENDING:   Ini Dia Perbedaan Jenis Daihatsu Terios X, X-Extra, R dan R-Adventure

1. Kunci kontak on off 5x

Kunci kontak on off 5x
Gambar: youtube

Pertama yaitu kita kontak on-off sebanyak 5 kali, setelah yang ke 5 baru start engine. Ini adalah cara mereset Ecu untuk mobil VVTI, bila lampu Engine menyala, bila cara pertama ini tidak berhasil coba dengan cara selanjutnya.

2. Mencabut (-) aki selama 2-5 menit

Mencabut (-) aki selama 2-5 menit
Gambar: youtube

Cara mereset Ecu yang kedua yaitu dengan cara mencabut (-) minus aki, mencabut minus aki 2-3 menit kemudian kita pasang kembali, kemudian baru kita nyalakan mesinnya. Perlu diingat, sebelum di reset manual walaupun dengan cara yang pertama tadi atau dengan cara mencabut aki, pastikan semua kelistrikan AC, lampu, audio, video, segala macam itu kondisi mati, baru kita lakukan reset Ecu, bila cara yang kedua ini kurang efektif, bisa mencoba dengan cara ketiga.

3. Mencabut fuse atau sekering efi di box sekring 

Mencabut fuse atau sekering efi di box sekring 
Gambar: youtube

Dengan cara mencabut Fuse atau sekreing Efi yang ada di box sekring, kita buka tempat tutup box sekeringnya kemudian kita baca dibalik tutup box sekring, yang tulisanya 15 ampere Efi kita jejerkan posisinya, jadi yang 15 ampere posisinya yang  biru, kita cabut fuse yang biru yang 15 ampere, ini adalah Fuse Efi atau ecunya, kita bisa mencabutnya dengan alat-alat penjepitnya yang ada di bagian fuse, lalu dicabut fusenya setelah 3-5 menit kita pasangkan lagi.

👉TRENDING:   Ini dia 5 Motor Harley Paling Murah Di Indonesia: Ada Yang 200 Jutaan

Sebelum mereset Ecu dengan 3 cara tadi pastikan kondisi kelistrikan di mobil, dalam keadaan mati atau off, jangan ada yang nyala seperti AC, lampu, audio dan lainya,  pastikan off baru kita cabut sekring Efi-nya.

Itulah caranya mereset Ecu secara manual agar performa mobil kita kembali optimal, agar segala trouble yang terjadi pada mobil kita bisa hilang dan performa mobil menjadi enak kembali.

cara cek ecu dibengkel bagimana, reset ecu toyota rush, reset manual avanza pakai kunci